April 08, 2020

thumbnail

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tema 6 Sub Tema 3 Sekolah Dasar

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) 

Satuan Pendidikan :  SDIT Darussalam 02 Batam
Kelas / Semester :  III /Genap
Tema 6 :  Energi dan Perubahannya
Sub Tema  3 :  Energi Alternatif
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari
Hari /Tgl Pelaksanaan :  Senin / 17 Februari 2020


A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga dan Negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, Konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak Sehat, dan tindakan yang mencerminkan prilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Indikator
3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. 3.2.1. Mengidentifikasi informasi yang 
          berkaitan dengan energi dengan 
          benar.
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif. 4.2.1. Menuliskan pokok-pokok informasi
          menggunakan kosakata baku dan
          kalimat efektif.

Muatan : Matematika
No Kompetensi Indikator
3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung 3.6.1. Menyebutkan cara menentukan
          lamanya suatu kejadian dengan benar.
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung. 4.6.1. Menentukan satuan waktu yang
          tepat lamanya suatu kegiatan.





Muatan: SBdP
No Kompetensi Indikator
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif 3.2.1. Mengidentifikasi kombinasi unsur-
          unsur garis, bidang , dan warna
          dalam sebuah karya dekoratif
4.1 Membuat karya dekoratif 4.2.1. Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait dengan lama waktu berlangsungnya suatu kejadian.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi unsur-unsur garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif.”
6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif.”

D. PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

E. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplinan siswa).
3. Guru mengajak siswa untuk membuat komitmen tentang karakter apa yang mau mereka tunjukkan sepanjang proses belajar mengajar hari ini (kegiatan penguatan karakter).
4. Guru melakukan kegiatan ice breaking untuk menghidupkan suasana kelas.
5. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
6. Guru melakukan apersepsi, seperti berikut. Mengingatkan kembali tentang jenis-jenis energi dan mengajak siswa memperkirakan jika energi habis.

    15
    menit
Kegiatan
Inti Ayo Membaca
Siswa membaca teks tentang “Energi Alternatif”.



Siswa diingatkan tentang cara membaca nyaring, sikap saat membaca, dan jarak membaca.
Setelah membaca, siswa saling tanya jawab tentang isi bacaan.

Ayo Berlatih
Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibaca.
Siswa saling memeriksa jawaban. (Communication)

Ayo Berkreasi
Siswa mengamati berbagai gambar layang-layang.

Siswa berlatih menghias layang-layang menggunakan garis, bidang, dan warna yang berbeda.
Gambar layang-layang tersebut diberi hiasan agar
menarik. Garis digunakan dalam menghias layang-layang. Bidang juga digunakan dalam hiasan tersebut. Layang-layang tersebut juga memiliki warna yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi motif dalam gambar layang-layang. (Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih
Siswa berlatih menentukan lamanya suatu kejadian atau kegiatan menggunakan model jam
Siswa berlatih mengerjakan soal tentang cara menentukan lamanya kejadian.     140
    menit

Kegiatan
Penutup A. Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
1. Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
2. Bagaimana perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?
3. Apa kegiatan yang paling disukai?
4. Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
5. Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
6. Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.
B. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi
C. Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
    15
    menit



F. PENILAIAN
          1. Sikap
Teknik : Observasi
Instrumen : Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No. Tanggal Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Tindak Lanjut
1.
2.
3.
4.
5
6

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis dengan Skor
Menjawab Pertanyaan Sesuai Teks
a. Skor adalah jumlah benar x 20 = nilai
b. kunci jawaban
1. Energi alternatif adalah semua sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM).
2. Energi alternatif diupayakan untuk menjaga kesediaan BBM.
3. Contoh energi alternatif adalah energi panas matahari, energi gerak angin, dan gerak air.
4. Contoh pemanfaatan energi air untuk, membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air.
5. Jika tidak ada energi alternatif, kita akan tergantung pada BBM yang kesediaannya terbatas. Dengan demikian, suatu saat sumber energi itu akan habis.

Menjawab Mengenai Waktu
a. Skor adalah jumlah jawaban yang benar /8 x 100 = nilai
b. Kunci jawaban
No. Nama Lama bermain
1 Udin 60 menit
2 Beni 90 menit
3 Edo 30 menit
4 Siti 30 menit
5 Lani 15 menit
6 Bayu 75 menit
Beni dan Dayu bermain layang-layang paling lama.
Lani bermain layang-layang paling cepat.
Urutan nama berdasarkan lama bermain layang-layang dari yang paling lama
adalah Beni, Dayu, Udin, Edo, Siti, dan Lani.
Penilaian Keterampilan
Menghias Gambar Layang-layang.
No Kriteria Rubrik Kriteria
Baik Sekali
(86 – 100) Baik
(71 – 85) Cukup
(61 -70) Perlu
Pendampingan
( ≤ 60)
1 Kemampuan membentuk garis pada gambar Semua garis pada bagian gambar dibuat dengan baik Ada satu garis dari gambar yang tidak sesuai Ada lebih satu garis dari gambar yang tidak sesuai Belum mampu membuat garis
2 Kemampuan membentuk titik pada gambar Semua titik pada bagian gambar dibuat dengan baik Ada titik dari bagian gambar yang tidak sesuai Ada lebih satu titik dari bagian gambar yang tidak sesuai Belum mampu membuat titik
3 Kemampuan mewarnai Menggunakan lebih dari 2 jenis warna dan rapi Menggunakan lebih dari 2 jenis warna, tetapi tidak rapi Menggunakan hanya dua jenis warna Hanya satu warna dan tidak rapi


G. SUMBER DAN  MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)..
2. Model jam untuk menunjukkan lama waktu dalam menit



Mengetahui
Kepala Sekolah,


Indra Effualita ,S.Pd.SD.
NIY:20070101093          
              Batam,15 Februari  2020
Guru Kelas IIIA



Sri Hasnuti Huzaimah, A.Md
NIY: 201510010309
 


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Popular Posts

Blog Archive

About me

Berusaha untuk mencapai keinginan, berpandangan luas untuk menggapai cita-cita "Man Jadda wa jada"

Read More

Followers

Total Pageviews