April 08, 2020

thumbnail

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Dasar Tema 7 Sub Tema 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) 


Satuan Pendidikan :  SDIT Darussalam 02 Batam 
Kelas / Semester :  III / Genap
Tema 7 :  Perkembangan Teknologi
Sub Tema  2 :  Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn
Pembelajaran ke :  5
Alokasi waktu :  1 hari
Hari/Tgl Pelaksanaan :  Sabtu / 28 Maret 2020


A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga dan Negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, Konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak Sehat, dan tindakan yang mencerminkan prilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia 
No Kompetensi Indikator
3.6 Mencermati isi teks informasi tentang
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 3.6.1  Mengidentifikasi informasi tentang
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif 4.6.1  Menceritakan kembali secara 
            tertulis informasi tentang  perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi d  
 lingkungan yang terdapat pada   
 teks  dengan tepat.

Muatan : PPKn
No Kompetensi Indikator
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha
Esa 1.3.1 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
lingkungan sekitar 2.3.1 Menyebutkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar 3.3.1 Menentukan perilaku keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan
sekitar 4.3.1 Menceritakan keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Muatan: Matematika 
No Kompetensi Indikator
3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret 3.9.1  Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.
4.9 Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan
benda konkret 4.9.1    Menyebutkan  simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret.


C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan prang-orang yang terlibat dalam proses pembuatan pakaian dengan tepat.
2. Dengan mencermati teks, siswa dapat menceritakan peran orang-orang yang terlibat dalam pembuatan pakaian dengan tepat.
3. Dengan bercerita tentang peran orang-orang yang terlibat dalam pembuatan pakaian, siswa dapat menjelaskan manfaat keberadaan orang-orang di lingkungan sekitar yang terlibat dalam pembuatan pakaian dengan tepat.
4. Dengan mengetahui orang-orang yang terlibat dalam pembuatan pakaian, siswa dapat menuliskan cerita tentang dampak positif adanya keberagaman jenis pekerjaan di lingkungan sekitar.
5. Dengan melakukan percobaan terhadap beberapa bentuk bangun datar, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan menggunakan benda konkret.
6. Dengan berlatih, siswa dapat menentukan banyak simetri putar pada sebuah bangun datar menggunakan benda konkret.
7. Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman tentang berbagai produk sandang sebagai bagian dari karunia Tuhan yang harus disyukuri secara bertanggung jawab.


D. PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

E. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplinan siswa).
3. Guru mengajak siswa untuk membuat komitmen tentang karakter apa yang mau mereka tunjukkan sepanjang proses belajar mengajar hari ini (kegiatan penguatan karakter).
4. Guru meminta setiap siswa menyampaikan satu kata sifat/karakter yang ingin mereka capai hari ini secara cepat, misalnya , “sopan”, bertanggung jawab”, 
“ berani”, “tekun”, “bersungguh-sungguh”, dan lain-lain.
5. Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang pakaian, mulai dari bahan dasar hingga digunakan oleh pemakai.
6. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya tentang tema yang akan dibahas.     15 
    menit
Kegiatan
Inti Ayo Membaca
Siswa melakukan kegiatan membaca. Mintalah siswa berkelompok dengan anggota 5 siswa. (Literasi)
Minta siswa di kelompoknya masing-masing untuk membaca teks secara berurutan. Dalam kegiatan ini siswa membaca secara perlahan tetap dapat terdengar anggota kelompoknya.
Beberapa siswa berkesempatan membaca teks di depan kelas dengan suara nyaring dan dengan intonasi yang tepat.


Siswa mendapat kesempatan untuk bertanya terkait teks dan siswa lain diberi kesempatan menjawab sebelum guru merespons.
Arahkan siswa kembali mencermati teks dan mencari pada teks bagaimana pengolahan pakaian pada zaman dahulu dan sekarang pada teks.
Siswa mengidentifikasi profesi-profesi yang terlibat dalam proses pembuatan pakaian dari bahan mentah sampai jatuh ke tangan konsumen.
Siswa menggarisbawahi kata-kata baru dan yang belum dipahami pada teks dan bertanya jawab dengan guru.

Ayo Menulis
Setelah membaca teks tentang proses pembuatan pakaian saat ini, siswa diminta memperkirakan bagaimana orang-orang zaman dahulu memproses pakaiannya.
Beri kesempatan kepada beberapa siswa untuk mengungkapkan pendapatnya. Minta siswa untuk menyampaikannya dengan penuh percaya diri.
Siswa melengkapi tabel di buku latihan. Ingatkan siswa untuk menulis dengan rapi dan mudah terbaca oleh orang lain.


Ayo Bercerita
Mintalah siswa bercerita tentang orang-orang yang terlibat dalam pembuatan pakaian depan kelas.


Ingatkan siswa untuk menyampaikannya dengan lafal yang jelas, intonasi yang tepat, penuh percaya diri, tenang, dan suara terdengar semua temannya di kelas.

Ayo Berdiskusi
Siswa mengamati baju masing-masing dan baju teman-temannya.
Siswa berdiskusi tentang orang-orang yang terlibat di dalam proses pembuatan pakaian dari sejak bahan dasar hingga dimanfaatkan pemakai.
Siswa menyampaikan kesimpulan hasil diskusinya kepada temannya yang lain.
Guru meminta siswa berdiskusi secara berpasangan dengan teman di sebelahnya. Namun, siswa juga dapat berdiskusi secara berkelompok.

Setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil diskusi kelompoknya. Juru bicara kelompok akan memulai pembicaraan dan anggota kelompok lain boleh menambahkan.


Ayo Menulis
Pancing siswa untuk melakukan tanya jawab sesama siswa. Siswa yang ingin mengajukan pertanyaan angkat tangan, dan akan berbicara setelah guru mempersilakan. Siswa lain diberi kesempatan menjawab pertanyaan. Pertanyaan berkisar dampak positif dari keberagaman profesi di lingkungan sekitar.
Mintalah siswa membayangkan, apa yang akan terjadi andai tidak ada petani kapas, pengrajin kulit, pemintal kapas, penenun benang, sopir, penjual bahan, penjahit, penjual pakaian jadi.
Minta siswa membayangkan andai tidak ada guru, tidak ada dokter, tidak ada sopir, apa yang akan terjadi pada dirinya?
Tanyakan kepada siswa, jasa apa yang banyak orang berikan untuk dirinya dana apa yang sudah ia berikan untuk orang lain.
Mintalah siswa menuliskan pendapatnya apa dampak positif dari keberagaman profesi di lingkungan sekitar, dan apa yang seharusnya dilakukan terhadap orang-orang yang berjasa kepada dirinya.




Ayo Mencoba
Siswa diminta mengingat bentuk-bentuk bagun datar yang ada di kain kesayangan ibu Udin. Mintalah siswa menyebutkan bangun datar apa yang mungkin digunakan sebagai motif kain?.
Siswa menuliskan bentuk bangun datar yang ditemukannya pada kain.
Siswa membuat bentuk-bentuk bangun datar dengan karton yang agak tebal.
Siswa menentukan titik pusat bangun datar dengan cara mencari perpotongan sumbu simetri dari bangun datar .
Siswa melakukan percobaan dengan bangun datar yang dibuatnya, apakah bangun datar tersebut saat diputar dapat menutupi bentuk bayangannya dengan sama persis?.

Beberapa bangun datar memiliki simetri putar. Simetri putar adalah banyak putaran yang dapat dilakukan pada suatu bidang datar dengan ketentuan:
o hasil putaran menutupi pola yang sama dengan ketika sebelum diputar
o putaran kurang dari satu putaran
o memiliki titik pusat

Ayo Berlatih
Setelah memahami simetri putar, minta siswa untuk mengerjakan soal latihan pada buku siswa.

Mintalah siswa mengerjakannya dengan teliti.     140
    menit
Kegiatan
Penutup A. Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
1. Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
2. Guru meminta siswa menyampaikan penilaiannya tentang kegiatan hari ini. Siswa dapat menyampaikannya dengan satu kata. Misalnya, ‘hebat’, ‘seru’, ‘semangat’, dan lain-lain, yang menunjukkan perasaan mereka saat itu.
3. Apa kegiatan yang paling disukai?
4. Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?

5. Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
6. Guru mengingatkan siswa untuk membawa satu baju untuk kegiatan esok hari.
B. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi 
C. Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)     15 
    menit

F. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1. Penilai sikap 
No. Tanggal Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Tindak Lanjut
1.
2.
3.
4.
5
6

2. Penilaian Pengetahuan
» Proses pembuatan pakaian

Siapa Mengerjakan Di mana Menghasilkan
Petani kapas Menanam kapas Kebun Kapas

» Simetri putar pada bangun datar
                 Beri tanda (   ) jika memiliki simetri putar dan ( x ) jika tidak memiliki simetri putar.

No. Bangun Datar Memiliki Simetri Putar Banyaknya


3. Penilaian Keterampilan
»  Membaca teks
No Kriteria Sangat Baik
(86 – 100) Baik
(71 – 85) Cukup
(61 -70) Perlu
Bimbingan
( ≤ 60)
1 Volume
suara dan
intonasi Suara terdengar
jelas di semua
kelas dengan
intonasi yang
selalu tepat Suara
terdengar jelas
di sebagian
besar kelas,
sebagian kecil
intonasi kurang
tepat Suara terdengar
jelas hanya
di sebagian
kecil kelas dan
sebagian besar
intonasi kurang
tepat Suara tidak
terdengar
2 Kelancaran Lancar, jeda
tepat, memenuhi
kaidah tanda
baca, dan tuntas
Memenuhi tiga
kriteria Memenuhi dua
kriteria Tidak
memenuhi
semua
kriteria
3 Lafal Melafalkan
semua kata
dengan tepat Melafalkan
sebagian besar
kata dengan
tepat Melafalkan
sebagian kecil
kata dengan tepat Melafalkan
semua kata
dengan tidak
tepat.

» Menulis cerita
No Kriteria Sangat Baik
(86 – 100) Baik
(71 – 85) Cukup
(61 -70) Perlu
Bimbingan
( ≤ 60)
1 Tulisan Tulisan rapi, tanpa coretan, mudah terbaca, dan jeda
proporsional Memenuhi
tiga kriteria Memenuhi dua
kriteria Memenuhi
1 kriteria
2 Bahasa Menggunakan kosa
kata baku, kalimat
efektif, ejaan benar,
dan struktur kalimat
tepat Memenuhi
tiga kriteria Memenuhi dua
kriteria Belum
memenuhi
kriteria
3 Isi Ada pembukaan,
isi sesuai tema/
konteks, isi runut,
dan ada penutup Memenuhi
tiga kriteria Memenuhi dua
kriteria Hanya
memenuhi satu
kriteria
4 Banyak
kalimat Di atas 10 kalimat 8-10 kalimat 6-7 kalimat Kurang dari 6
kalimat

» Bercerita
No Kriteria Sangat Baik
(86 – 100) Baik
(71 – 85) Cukup
(61 -70) Perlu
Bimbingan
( ≤ 60)
1 Penampilan Ada kontak mata, lancar, menarik perhatian pendengar, dan suara terdengar seluruh kelas Memenuhi
tiga kriteria Memenuhi dua
kriteria Memenuhi
1 kriteria
2 Bahasa Menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata terucap dengan benar, dan intonasi sesuai kalimat Memenuhi
tiga kriteria Memenuhi dua
kriteria Belum
memenuhi
kriteria
3 Isi Ada pembukaan,
menyebutkan profesi
yang berhubungan
dengan pembuatan
pakaian, pekerjaan yang dilakukan, dan produk yang dihasilkan, serta
ada penutup. Memenuhi
empat
kriteria Memenuhi dua
kriteria Hanya
memenuhi satu
kriteria
4 Banyak
kalimat Di atas 15 kalimat 11-15 kalimat 5-10 kalimat Kurang dari 5
kalimat


G. SUMBER DAN  MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 7 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 7 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Gambar petani kapas, petani ulat sutra, pemintal, penenun, penjahit, penjual bahan pakaian, penjual baju, sopir truk, dan macam-macam mesin jahit
3. Berbagai bentuk bangun datar dari karton
4. Kertas, gunting, dan penggaris



Mengetahui
Kepala Sekolah,




Indra Effualita ,S.Pd.SD.
NIY:20070101093       Batam, 27 Maret  2020
Guru Kelas IIIA



Sri Hasnuti Huzaimah, A.Md
                     NIY: 20151001030

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Popular Posts

Blog Archive

About me

Berusaha untuk mencapai keinginan, berpandangan luas untuk menggapai cita-cita "Man Jadda wa jada"

Read More

Followers

Total Pageviews